Tips dan Trik Pencahayaan
GAYA TERPOPULER

Tips dan Trik Pencahayaan

Tips dan Trik Pencahayaan

Tips dan Trik Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu bidang desain rumah yang terlalu sering diabaikan. Ada banyak cara agar pencahayaan dapat meningkatkan tampilan dan fungsi rumah Anda. Prinsip keseluruhan yang perlu diingat adalah menggunakan berbagai jenis pencahayaan untuk menambah kegembiraan dan variasi ke rumah Anda. Pencahayaan berlapis di dalam ruangan menciptakan kedalaman dan drama. Ada banyak pilihan dalam hal jenis pencahayaan, termasuk lampu gantung, lampu meja, lampu lantai, lampu bawah kabinet, lampu tersembunyi atau track, lampu atas, dan lampu sorot untuk karya seni atau elemen desain lainnya.

 beberapa tips dan trik pencahayaan

Pencahayaan Dapur

Dapur adalah tempat di mana pencahayaan yang baik dan fungsional merupakan kebutuhan. Di bawah lampu kabinet adalah pilihan yang bagus untuk memberikan visibilitas yang baik untuk persiapan makanan; pencahayaan yang buruk di area ini bahkan dapat meningkatkan risiko cedera saat memotong makanan. Pertimbangkan untuk memasang lampu atas di atas lemari untuk memberikan penerangan lembut pada area langit-langit – ini juga merupakan cara yang baik untuk menonjolkan karya seni atau potongan detail seperti warna langit-langit dan cat dinding yang kontras, atau cetakan mahkota. Lampu gantung atau lampu langit-langit yang baik akan memenuhi kebutuhan pencahayaan umum ruangan. Jika Anda memiliki kantor dapur atau area komputer, sertakan lampu meja fungsional.

Pencahayaan untuk Ruang Tamu dan Kamar Tidur

Ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur umumnya merupakan area yang paling banyak ditinggali di rumah, dan mereka melayani berbagai fungsi. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menggunakan sejumlah jenis pencahayaan sehingga jenis pencahayaan yang tepat tersedia untuk keadaan apa pun.

Tips dan Trik Pencahayaan

Berikut adalah beberapa prinsip umum yang perlu diingat dalam hal pencahayaan ruang tamu dan kamar tidur:

Pencahayaan tugas: Pencahayaan tugas bisa sesederhana lampu meja atau lampu meja ujung. Jenis pencahayaan ini paling sering digunakan untuk membaca, tetapi juga berguna untuk proyek lain yang membutuhkan kemampuan untuk melihat detail. Direkomendasikan bahwa setiap posisi tempat duduk di sebuah ruangan memiliki pencahayaan tugas sendiri, tetapi ini tidak selalu memungkinkan. Tempatkan lampu di meja samping tempat tidur dan meja ujung; Anda juga dapat menempatkan meja sofa di belakang sofa dan juga meletakkan lampu di sana. Lampu lantai adalah pilihan lain, dan dapat bekerja dengan baik di belakang kursi yang miring ke sudut. Akhirnya, pencahayaan tersembunyi dapat memberikan cahaya tambahan di mana opsi lain tidak tersedia.

Spotlighting: Gunakan lampu sorot atau lampu gambar yang dirancang khusus untuk menyorot karya seni berbingkai. Potret keluarga, warna dinding yang kontras, cetakan, ukiran, dan detail lainnya semuanya dapat diberi aksen dengan pencahayaan semacam ini.

Pencahayaan umum

Selain pencahayaan tugas dan pencahayaan aksen, setiap ruangan harus memiliki sumber pencahayaan umum yang baik. Ini paling sering dalam bentuk perlengkapan langit-langit atau lampu gantung. Jika rumah Anda tidak memiliki perlengkapan langit-langit pusat. Anda mungkin ingin memasangnya, atau Anda dapat memilih lampu track atau lampu torchiere yang ditempatkan secara strategis di dalam ruangan untuk memberikan pencahayaan umum yang maksimal.

Prinsip dasar pencahayaan yang baik adalah memiliki jenis pencahayaan yang tepat tersedia untuk aktivitas apa pun yang terjadi di dalam ruangan. Pencahayaan berlapis tidak hanya meningkatkan fungsionalitas rumah Anda; itu juga menciptakan tampilan multi-faceted yang menambah kedalaman dan kegembiraan ke sebuah ruangan.